Transfer Megabintang Cristiano Ronaldo Mempengaruhi Keuangan Juventus, ini Dampaknya
.
Pendahuluan
Seperti yang dibahas dalam analisa keuangan Juventus di bagian 1, tujuannya adalah bertahan secara finansial tanpa bergantung terlalu besar atas performa tim di atas lapangan. Objektifnya adalah bersaing dengan klub Eropa lainnya tanpa harus menjual pemain penting. Pertumbuhan pendapatan berkarakteristik ada di balik pintu yang terkunci dan Cristiatno Ronaldo adalah kunci untuk membuka pintu tersebut.
.
Sebelum kita mencoba mengerti area penting dalam pertumbuhan pendapatan, sangat penting bagi kita untuk melihat biaya yang timbul di pembukuan klub, ketika mendapatkan CR7 dengan rekor 100 juta euro.
.
Bagian 2
Pengeluaran Besar di 2018/2019
Dalam tiga tahun berturut - turut, Juventus telah melakukan usaha dengan sangat baik untuk memperkuat tim dengan komitmen penting dalam hal keuangan yaitu nilai transfer dan gaji. Perekrutan Cristiano Ronalo secara natural sangat membebani keuangan klub.
.
Biaya Amortisasi terkait Periode Transfer UEFA mengijinkan klub untuk melakukan perhitungan berbasis garis lurus ketika membukukan nilai transfer. Nilai transfer dapat diamortisasi selama durasi kontrak pemain dan dihitung dalam neraca keuangan klub secara bertahap seiring durasi kontrak pemain. Tapi perlu diingat bahwa faktanya klub membayar nilai transfer dengan cicilan (1 - 2 tahun) atau terkadang sekaligus bergantung dengan kesepakatan negosiasi.
*********
Dampak positif mengalahkan dampak negatifnya. Juventus mengambil resiko yang diperhitungkan untuk mengatur sendiri lisensi dan merchandie dengan efek samping biaya operasional yang bertambah tetapi ada potensi untuk mendapatkan pemasukan yang lebih besar. Dengan cara itu juga, Juventus akan menggapai dunia dalam scope yang lebih besar untuk menaikkan level komersial walaupun harus menghadapi kenaikan biaya yang signifikan terkait operasi CR7. Kunci Cristiano Ronaldo sangat mahal tetapi ada harta karun tak bernilai di balik pintu yang akan dibuka.
.
Sekarang kita bisa berlanjut ke proyek kunci dalam hal menaikkan pendapatan serta beban biaya secara seimbang, setelah mendapatkan CR7 dengan rekor nilai transfer 105 juta euro.
.
"CR7 adalah Michael Jordan di dunia sepakbola. Dengan kehadirannya, sesi pelatihan pun menjadi sebuah event" [Halaman depan Tuttosport]
.
Bagian 3
Kenaikan pendapatan
.
Sebuah fakta bahwa Cristiano itu adalah mesin pembuat uang bagi tim tempat dia bermain. Apa saja area yang akan meningkat?
.
1. Hak Siar
i] Serie-A
.
Awalnya Lega menjual hak siar Serie-A (domestik) ke Mediapro sebesar 1.05 milyar euro per tahun periode 2018-2021. Akan tetapi, pengadilan Italia membatalkan kontrak tersebut dikarenakan tender tidak dirumuskan dengan baik serta melanggar prinsip monopoli .Kemudian, SKY dan Perform memenangkan hak tersebut sebesar 973 juta euro dan membuat hak siar Serie-A (domestik) ketiga termahal di Eropa. Hak siar Serie-A (internasional) dimenangkan oleh IMG dan RAI sebesar 371 juta euro per tahun periode 2018-2021. Oleh karena itu, total nilai hak siar Serie-A adalah 1.4 milyar per tahun. Namun, seperti diberitakan oleh Gazzetta dello Sport, akan ada pengurangan dari nilai tahunan 1.4 milyar euro dikarenakan adanya komisi di muka sebesar 50 juta euro, serta 20 juta euro untuk kompetisi Coppa Italia dan kompetisi Lega lainnya. Oleh karena itu, total nilai hak siar Serie-A adalah senilai 1.2 milyar euro per tahun.
.
Kenaikan ini merupakan hal positif secara umum bagi kesepakatan hak siar tetapi masalah untuk Juventus adalah perubahan distribusi yang sifatnya lebih merata. Terlepas dari kenaikan nilai hak siar sebesar 300 juta euro secara umum, Juve akan mendapatkan 16 juta euro lebih sedikit di tahun 2018/19 dibandingkan dengan yang mereka dapatkan di tahun 2017/18.
.
Tetapi, menurut Calcio & Finanza, ada klausul di dalam kontrak hak siar Serie-A terkait dengan kenaikan jumlah pelanggan dan bisnis, yang apabila tercapai akan menghasilkan tambahan sebesar 150 juta euro dan membawa nilai kesepakatan kembali ke 1.4 milyar euro.
Kehadiran Cristiano di Juve menarik perhatian penonton domestik dan internasional yang dapat membantu Lega mencapai target di dalam klausul kontrak. Apabila Juve mendapatkan 1/10 dari bonus tambahan yang bernilai 150 juta euro, mereka akan mendapatkan 15 juta euro tambahan yang mana akan membuat penghasilan hak siar mereka bernilai 106 juta euro di tahun 2018/19, hampir mendekati nilai di tahun 2017/18.
.
Raksasa Turin tersebut juga akan mendapatkan hampir 2 juta euro dengan berpartisipasi di Supercoppa Italia 2018 dan apabila mereka dapat memenangi Coppa Italia 2018/19, mereka akan mendapatkan tambahan 6 juta euro setelah Lega menaikkan alokasi hak siar dari 18 juta menjadi 20 juta euro, untuk Coppa Italia periode 2018-2021.Secara singkat, sangat memungkinkan bagi Juventus untuk mendapatkan 115 juta euro di kompetisi Italia 2018/19.
.
ii] UCL
UEFA menginformasikan detail dari distribusi pendapatan untuk klub di musim 2018/19.
.
a. Jumlah pendapatan tetap untuk setiap klub bergantung sejauh mana mereka melangkah di kompetisi:
• 15.25 juta euro = Keluar di Babak Penyisihan
•24.75 juta euro = Keluar di Babak 16
• 35.25 juta euro = Keluar di Perempat Final
• 47.25 juta euro = Keluar di Semi Final
• 62.25 juta euro = Runner-up
• 66.25 juta euro = Pemenang
.
b. Pendapatan tetap untuk setiap klub yang tampil di Babak Penyisihan:
• 2.7 juta euro untuk setiap kemenangan
• 900.000 euro untuk hasil seri
.
c. 10 tahun koefisien peringkat UEFA
Satu share ditambahkan untuk setiap peringkat.
.
Setiap share bernilai 1.108 juta euro
Peringkat tertinggi mendapatkan 32 share yang artinya senilai 35.456 juta euro.
.
Peringkat terendah mendapatkan 1 share yang artinya 1.108 juta euro.
Juventus berada di peringkat 7 dan memiliki 26 share.
.
d. Market Pool
Akan didistribusikan secara proporsional sesuai dengan market TV yang diwakilkanoleh klub yang tampil [babak penyisihan dan seterusnya]. Italia memiliki 4 perwakilan di babak penyisihan : Juventus, Napoli, Roma dan Int*r. UEFA belum mengalokasikan harga dari market pool untuk klub - klub italia dan baru akan dilakukan setelah perihal kontrak dengan federasi lainnya disepakati.
.
Asumsi 30 juta euro dialokasikan untuk market pool klub - klub Italia di UCL,pembagian akan dilakukan secara merata dalam 2 bagian yaitu 15 juta euro untuk masing - masing bagian.
.
15 juta euro pertama akan dibagi rata kepada keempat klub italia berdasarkan dengan posisi mereka di Serie-A di musim sebelumnya.
.
40% dari 15 juta euro = Juventus
30% dari 15 juta euro = Napoli
20% dari 15 juta euro = Roma
10% dari 15 juta euro = Int*r
.
15 juta euro kedua akan dibagi berdasarkan jauhnya perjalanan masing - masing klub di kompetisi UCL. Sistem untuk distribusi bagian kedua ini tidak ada perubahan. Apabila 40 juta euro dialokasikan untuk market pool klub - klub Italia, tetap akan dibagi menjadi 2 bagian, yaitu 20 juta euro untuk masing - masing bagian. Juventus tetap mendapatkan 40% dari 20 juta euro. 20 juta euro bagian kedua tetap dibagi berdasarkan jauhnya perjalanan masing - masing klub di kompetisi UCL.
.
Apabila Juventus mencapai babak yang sama di UCL 2018/19 seperti halnya 2017/18, dan apabila salah satu klub italia lainnya mencapai semi-final dan dua lainnya gugur di babak penyisihan, Juve akan mendapatkan 83 juta euro, sekitar 5 juta euro lebih banyak dari yang mereka dapatkan di musim 2017/18. Apabila Cristiano Ronaldo bisa membawa mereka jauh dalam kompetisi, serta apabila nasib klub Italia lainnya tidak baik, Juve akan mendapatkan Jackpot di UCL.
.
2. Penjualan Tiket
2 minggu sebelum mendapatkan Cristiano Ronaldo, Juventus menaikkan harga tiket musiman, sekitar 30%. Juventini di Turin menyuarakan ketidaksenangan mereka akan hal ini. Lucunya, ada banner di Turin yang meminta klub mendapatkan CR7. Seperti yang kita tahu, para fans mendapatkan mimpi gila mereka menjadi kenyataan.
Dalam kurun waktu 72 jam semenjak perkenalan Ronaldo di Allianz Stadium Turin, Juventus berhasil menjual seluruh 29,300 tiket musiman mereka walaupun harganya sudah naik 30% . Dikabarkan, Juve sudah mendapatkan 33 juta euro hanya dengan menjual tiket musiman, artinya ada kenaikan lebih dari 50% dibandingkan dengan musim lalu. Melihat bahwa klub masih memiliki tiket non-musiman untuk dijual di hari pertandingan untuk Serie-A, Coppa Italia serta UCL, mereka bisa mencapai target 98 juta euro dari total pemasukan tiket musim 2018/19. Ini artinya ada kenaikan pendapatan sekitar 40% dari musim lalu.
.
"Stadium telah menjadi bagian penting semenjak peresmian tahun 2011, membuat sejarah dengan 6x scudetto berturut - turut yang dirayakan di dalamnya. Ambisi dan tujuan kami adalah berkolaborasi dengan para partner yang telah membantu mengubah stadium menjadi sebuah teater, memastikan bahwa setiap pertandingan adalah sebuah pertunjukan yang menghibur serta tempat yang hangat dan ramah untuk para keluarga."
.
Giorgio Ricci; Co-Chief Revenue Officer, Head of Global Partnerships and Corporate Revenues at Juventus; in June 2017
.
Partisipasi Juve di ICC 2018 juga membawa pemasukan. Seperti diberitakan oleh La Gazzetta dello Sport, Juve bisa menghasilkan sekitar 6 - 7 juta euro dari 4 penampilan mereka sepanjang tur Amerika.
.
3. Pendapatan Lainnya
Ini tentang pendapatan dari :
Museum Juventus, Membership dan Tur Stadium, serta pendapatan dari aktivitas di luar olahraga yang diadakan di Allianz Stadium dan pembayaran asuransi dan pendapatan dari aktivitas komersial dari Lega Nazionale Professionisti Serie-A.
.
Sangat memungkinkan Juventus menginginkan pertumbuhan 5 - 10 juta euro di tahun 2018/19, dibandingkan 2017/18, dengan harapan lebih banyak lagi fans internasional yang bergabung dengan membership mereka dan hadir di Museum Juventus, Turin.
Total pendapatan 40 juta euro sangat mungkin tercapai di area ini.
.
4. Sponsorship dan Iklan
Objektif Juve adalah membangun brand mereka di market internasional yang tidak hanya menguntungkan dari sudut pandang ekonomi tetapi juga menguntungkan dari sisi pengingkatan nilai komersial dari brand Juventus.
.
“Siapapun kita, Man United, Real Madrid, Juventus, or Legia Warsaw, Sporting Lisbon, ataupun Anderlecht, kita semua ingin eksposur internasional yang lebih besar lagi untuk membangun brand kita. Sekarang ini semua hal selalu terkait eksposur brand.”
– Andrea Agnelli kepada The Guardian May 2018
.
Klub sudah membangun beberapa sekolah sepakbola di berbagai belahan dunia, bersamaan dengan toko Juventus dan lounge Juventus.
Tim utama juga berpartisipasi di ICC sementara itu legendal klub menjadi Ambassador di berbagai pertandingan amal. Klub juga berinvestasi besar - besaran di media digital dan fokus untuk meningkatkan keberadaan digital di Twitter, Facebook, Instagram, Youtube, Weibo, dll.
.
“Kami memiliki target mengglobalisasikan brand kami.”
– Andrea Agnelli kepada Tuttosport musim panas 2017
.
Perubahan logo Juventus di Jan 2017 menarik perhatian dunia. Juventus Village diluncurkan di musim panas ini dan di sana terdapat tempat pelatihan baru, hotel, toko resmi, kantor pusat Juventus, pusat medis Juventus [diluncurkan 2016] dan banyak lainnya. Walaupun proyek Continassa ini tidak akan berkontribusi secara signifikan terhadap pendapatan, tetap akan berkontribusi untuk menurunkan biaya operasional.
.
“J-Village di Continassa membuat Juve makin solid. Tempat itu tidak akan menambah pemasukan kami tetapi kami akan berhemat banyak karena distribusi logistik kami akan semakin efisien.”
– Aldo Mazzia; Juventus CEO-CFO; kepada Tuttosport September 2016
.
Sebuah hal yang nyata bahwa klub terus bertumbuh dari sisi sponsorship dan iklan, akhir - akhir ini sekitar 20% di 2017/18 dibandingkan dengan 2016/17. Tetapi klub masih sangat tertinggal dibandingkan dengan klub elit eropa lainnya. Klub menyadari hal tersebut dan mengerti keterbatasan pasar dan pendapatan hak siar Serie-A pada umumnya, yang biasanya didasari oleh performa di lapangan. Semua ini seperti yang telah diperkirakan 1 - 2 tahun lalu dan berusaha menyeimbangkan pembukuan mereka untuk mendapatkan brand seperti CR7, kunci untuk globalisasi.
.
"Daya tarik internasional kami meningkat pesar semenjak final UCL 2015. Sponsor baru berdatangan. Kami ingin mengikuti model komersial Manchester United. Kami ingin menguasai pasar China, regioa Oseania, Asia Tenggara, Nigeria dan Amerika Utara. Di Eropa, kami menikmati pasar Perancis karena itu adalah daerah yang kuat bagi kami."
– Giorgio Ricci kepada Tuttosport July 2016
.
Kedatangan Ronaldo tidak akan mengubah kesepakatan yang sudah ada dengan para sponsor. Tetapi akan mendatangkan nilai tawaran lebih ketika negosiasi perpanjangan kontrak kesepakatan. Tetapi, daya tarik dari brand CR7 sendiri akan mendatangkan sponsor baru baik domestik maupun internasional. Oleh karena itu, Juventus sangat mungkin untuk mendapatkan 100 juta euro dari penghasilan sponsor dan iklan di musim 2018/19 tanpa harus mengharapkan kenaikan kontribusi tahunan dari FCA, yang akan dibahas di bawah nanti.
.
Kedatangan Cristiano membantu klub di masa sekarang dan yang akan datang, khususnya fans generasi muda yang baru bergabung dalam kurun waktu 2 tahun ini.
Motif dari mendatangkan Ronaldo sekarang menjadi jelas. Dia membantu Juventus menjembatani jarak mereka dengan klub eropa lainnya tidak hanya dari sisi kehebatan di lapangan tetapi juga dari sisi ekonomi dan komersial.
5. Peminjaman / Penjualan Pemain
Bagian ini telah menjadi sumber pendapatan yang penting bagi Juventus di beberapa tahun belakangan dan tetap akan menjadi bagian penting untuk membiayai pengeluaran operasional yang terus bertambah.
.
Seperti dijelaskan di atas, Juventus dapat menghasilkan sekitar 115 juta euro dari penjualan pemain di tahun 2018/19, kalau mereka berhasil menjual pemain - pemain yang diberitakan sesuai dengan harga yang dikabarkan. Artinya ada penambahan 20 juta euro dibandingkan musim sebelumnya.
.
6. Sponsorship FCA
Di tahun 2014, Juventus dan FIAT sepakat untuk memperbarui partnership mereka untuk enam tahun dari tahun 2015/16 sampai 2020/21. Partnership ini membuat Juventus mendapatkan penghasilan tahunan sebesar 17 juta euro, dengan tambahan 2 juta euro abila syarat dan ketentuan yang disepakati tercapai.
.
Hal penting yang perlu dicatat di sini adalah, FCA, Ferrari, Juventus dan beberapa perusahaan lainnya dibawah EXOR, memiliki tokoh - tokoh yang sama yang menduduki posisi penting. Dijalankan oleh orang yang sama yang memiliki kesamaan visi dan misi. Mereka adalah sebuah keluarga.
.
Kalau Presiden Juventus, Andrea Agnelli menginginkan dukungan finansial yang lebih besar dari EXOR, dia bisa selalu bisa mengusahakannya karena dia juga duduk sebagai direksi di perusahaan terkait. Tetapi dia butuh untuk meyakinkan direksi lainnya kenapa Juve pantas mendapatkan suntikan dana khusus dibandingkan EXOR berinvestasi di tempat lain.
.
Hanya dengan menghubungkan nama Juventus dengan Cristiano, saham Juventus naik sekitar 30% dan mencapai nilai 800 juta euro dalam waktu 72 jam. Otoritas pasar keuangan Italia, Consob sampai harus menyelidiki hal ini dan meminta klub mengklarifikasi situasi dengan sebuah catatan pers resmi.
Pastinya Juventus tidak akan dapat mengembalikan nilai investasi CR7 melalui nilai saham yang naik, tetapi kenaikan saham seperti itu akan meyakinkan para pemegang saham. Khususnya ketika Presiden Agnelli membutuhkan dukungan finansial lebih di masa mendatang. Lebih jauh lagi, FCA bisa mendapatkan keuntungan dari Cristiano yang tampil di baju Juventus untuk mengiklankan brand mereka.
.
“Protagonis dari operasi ini adalah sang pemain dan pemegang saham. Ketika kami menyadari bahwa kami bisa mendapatkan kesempatan seperti ini, para pemegang saham setuju untuk mendukung operasi ini.”
– Giuseppe Marotta
.
Oleh karena itu, Juventus dan FCA dapat dengan mudah melakukan negosiasi ulang dan melanjutkan kesepakatan mereka sampai 2024, dengan hanya melipatgandakan nilai sponsor. Bukan cuma 17 juta euro dan 2 juta euro sebagai bonus melainkan klub bisa mendapatkan 34 juta euro dan 4 juta euro sebagai bonus. UEFA FCC dapat melihat ini sebagai sumber pemasukan dan tidak termasuk suntikan modal sebab nilai tersebut masih dianggap wajar untuk brand Juventus di pasar yang sekarang dan lagipula nilainya tidak melebihi dari 30% dari total seluruh pendapatan.
.
ada tanda - tanda peningkatan pesat di pendapatan berkarakteristik yang umumnya sangat bergantung di hasil kompetisi UCL. Sepertinya Presiden Agnelli berhasil mencapai target yang dibuatnya di tahun 2013, dengan mendapatkan Cristiano.
.
"Stadium dan sponsor, adalah dua elemen yang harus kami naikknya sampai ke titik di mana kami tidak lagi bergantung kepada pemasukan UCL. Setelah hal ini tercapai, UCL menjadi bonus tambahan. Saat ini, hal ini adalah hal yang paling mengkhawatirkan buat saya, kami masih sangat bergantung terhadap hasil UCL untuk memenuhi target pendapatan setiap tahunnya."
– Andrea Agnelli kepada CNN, 2013
Proyeksi Final
.
Saya (Arjun Pradeep) telah melakukan tabulasi dari proyeksi dasar dari penghasilan Juve 2018/19, berdasarkan kriteria tertentu.Dengan melakukan penghitungan berdasarkan kemungkinan terburuk dari penghasilan berkarakteristik yang sangat bergantung kepada hasil UCL seperti yang dicapai di tahun 2017/18, hasilnya adalah kerugian sebesar 6 juta euro di 2018/19.
Tetapi, klub tidak akan bermasalah dengan FFP, karena secara akumulasi klub masih surplus lebih dari 50 juta euro.
.
Kesimpulan :
Dikarenakan klub mendapatkan keuntungan 67.4 juta euro di 2016/17, dibutuhkan kerugian sekitar 90 juta euro untuk membuat Juventus masuk dalam radar UEFA CFCB dan menerima sanksi FFP, contohnya dikeluarkan dari kompetisi UEFA 2019/2020. Sepertinya kemungkinan ini sangat kecil. Artinya klub dalam kondisi aman setidaknya sampai akhir musim 2019/2020.
.
TantanganJuve yang sebenarnya akan muncul di musim panas tahun depan 2019, di mana mereka perlu menganalisa jendela transfer saat itu serta kondisi keuangan mereka untuk memenuhi syarat FFP musim 2020/2021.Tetapi, dengan adanya Cristiano Ronaldo, mereka bukan cuma memiliki kemungkinan mengakhiri puasa gelar UCL 22 tahun, mereka juga mungkin sudah ada solusi untuk menaikkan peringkat mereka dalam hal klub terkaya di Eropa.
.
*) diterjemahkan oleh ursokind alias @jimmy.chandrawinata atas seijin Arjun Pradeep alias @indianregista
.
Sumber
https://web.facebook.com/JF1897/posts/1834662096626360
No comments: